SEL INDUK ORANG DEWASA

Bone cross section

Sumsum Tulang

Sumsum tulang telah diidentifikasi sebagai salah satu sumber terbaik pengambilan sel induk dari orang dewasa, melalui aspirasi sumsum tulang (BMA, Bone Marrow Aspiration). Proses BMA adalah prosedur invasif rendah risiko yang biasanya dilakukan di belakang tulang panggul. MSC yang berada dalam tulang yang kenyal diekstrak dari sumsum tulang, di mana prosedur selama setengah hari meninggalkan bekas luka yang sangat kecil dan tak begitu terlihat pada punggung. MSC itu kemudian dibawa kembali ke laboratorium untuk diproses dan dikembangkan.

Bone cross section

Darah Perifer

Darah perifer diambil dari sirkulasi aliran darah, sama seperti darah tali pusar, dominan mengandung sel induk yang pada umumnya hematopoetik (HSC). Kehadiran sel induk dalam darah perifer secara tidak langsung diinduksi melalui pengenalan Faktor Perangsang Koloni Granulosit(GCS-F,Granulocyte Colony Stimulating Factor) ke dalam aliran darah. Sel induk yang diambil dengan cara ini dikenal sebagai sel induk darah perifer (PBSC, Peripheral Blood Stem Cells).

Skin and Fat section

Adiposa (Jaringan Lemak)

Telah ditemukan bahwa jaringan adiposa (jaringan lemak) mengandung sel induk mesenkima (MSC). MSC ini idealnya diambil selama sedot lemak, di mana alih-alih membuang lemak yang dikumpulkan, lemak dibawa kembali ke laboratorium untuk isolasi dan pengembangan MSC. Meskipun MSC yang berasal dari adiposa saat ini sedang diteliti untuk pengobatan banyak penyakit, MSC ini sangat cocok untuk indikasi kosmetik.

Tooth Pulp cross section

Pulpa Gigi

Sel induk Mesenkima yang berasal dari gigi, juga dikenal sebagai sel induk pulpa gigi, dapat ditemukan dalam jaringan pulpa di dalam gigi. Jaringan pulpa bisa diambil dari gigi yang diekstraksi melalui pencabutan gigi bungsu yang telah direncanakan melalui bedah ortodontik dan juga dari gigi yang copot secara alami, yang biasanya dibuang sebagai sampah, agar disimpan untuk penggunaan di masa depan. Hal ini menawarkan banyak peluang yang sederhana, aman dan terjangkau untuk mengumpulkan sel induk dari anak-anak dan dewasa di tengah kurangnya alternatif lain.