TANYA JAWAB UMUM

1. Apakah penyimpanan sel induk bermanfaat?

Beberapa keluarga merasa hal ini terlalu spekulatif atau berbiaya mahal sementara yang lain melihatnya sebagai biaya nominal ketenangan pikiran dalam bentuk “asuransi-biologi”. Tetapi, Anda bisa memutuskan yang terbaik untuk keluarga Anda. Sel induk bisa menyelamatkan nyawa bagi anak atau anggota keluarga Anda. Demikian pula, tidak ada jaminan bahwa sel itu akan pernah digunakan.

2. Haruskan saya menyimpan Darah Tali Pusar dan MSC Tali Pusar anak saya?

Idealnya menyimpan keduanya karena HSC dari darah tali pusar hanya bisa berdiferensiasi menjadi sel darah seperti sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dll. sedangkan MSC dari Jeli Wharton bisa berdiferensiasi menjadi sel dan jaringan jenis lain seperti tulang, hati, saraf, tulang rawan, dll.

HSC dan MSC sama menguntungkan tetapi menunjukkan fungsi yang berbeda. Misalnya, MSC mungkin tidak dapat mengobati pasien kanker darah sementara HSC dapat mengobatinya. Di sisi lain, MSC bisa meningkatkan penanaman transplantasi HSC karena MSC adalah katalis bagi lingkungan kondusif yang diperlukan untuk fungsi HSC.

3. Haruskah saya menyimpan darah tali pusar untuk semua anak saya?

Ya, karena darah hanya bisa digunakan sekitar 25% dalam kasus untuk saudara kandung, penting untuk menyimpan darah tali pusar untuk setiap bayi. Menyimpan darah tali pusar untuk anak-anak Anda menyediakan sumber sel induk terkait untuk penggunaan potensial dan meningkatkan kemungkinan kecocokan berguna untuk saudara kandung lain. Setiap darah tali pusar anak disimpan secara terpisah bahkan dalam kasus kembar identik. Pengumpulan darah tali pusar juga bisa digunakan sebagai bentuk "asuransi-biologi" terhadap penyakit di masa mendatang yang memerlukan penggantian sel induk.

4. Berapa lama sel ini bisa disimpan?

Secara teori, tidak ada batas terkait berapa lama sel ini bisa disimpan. Data yang ada saat ini mengindikasikan bahwa sel induk yang disimpan selama 15 tahun masih berhasil digunakan untuk transplantasi. Panduan Departemen Kesehatan Negara Bagian New York untuk penyimpanan darah tali pusar menyatakan bahwa sel induk darah tali pusar bisa disimpan tanpa batas dalam nitrogen cair.

5. Apakah prosedur untuk mengumpulkan darah tali pusar aman?

Ya, prosedur untuk mengumpulkan darah tali pusar adalah tanpa rasa sakit dan tidak menimbulkan ancaman terhadap bayi atau ibu. Selain itu, pengumpulan darah tali pusar tidak mengganggu proses melahirkan. Dengan mengikuti standar perawatan paska melahirkan, darah yang tersisa di tali pusar dikumpulkan ke dalam kantung pengumpulan darah tali pusar yang steril dan dirancang khusus melalui jarum berlubang lebar. Darah mengalir ke dalam kantung menurut gravitasi hingga berhenti, setelah itu pengumpulan selesai. Kantung darah itu lalu dijepit, disegel dan diberi label. Prosedur ini biasanya memakan waktu 4-6 menit. Dua tabung darah ibu juga diambil.

6. Apa yang terjadi jika volume darah tali pusar yang dikumpulkan atau jumlah sel kurang dari persyaratan minimum?

Jika volume darah tali pusar yang dikumpulkan atau jumlah sel kurang dari persyaratan minimum, kami tentunya akan menginformasikan kepada klien dan membiarkan mereka memutuskan apakah mereka ingin melanjutkan menyimpan darah tali pusar anak mereka.

7. Apakah rumah sakit perlu menyediakan material untuk pengumpulan?

Tidak, CryoCord akan menyediakan perangkat pengumpulan pada saat pendaftaran, semua yang diperlukan oleh Anda, dokter kandungan atau bidan untuk mengumpulkan darah tali pusar. Cukup bawa perangkat ini bersama Anda saat Anda pergi ke rumah sakit untuk melahirkan.

8. Apakah rumah sakit tahu cara melakukan pengumpulan?

Proses pengumpulan itu sederhana dan bisa dilakukan oleh setiap dokter atau perawat. Kami akan memberikan instruksi rincian pengambilan darah dari tali pusar, meskipun sangat mirip dengan jenis pengumpulan darah lain.

9. Apa yang harus saya lakukan jika saya memutuskan untuk tidak menyimpan darah tali pusar bayi saya di bank sel induk swasta?

Jika Anda memutuskan untuk tidak menyimpan sel induk darah tali pusar bayi Anda di bank sel induk swasta, Anda bisa memilih untuk menyumbangkan darah tali pusar anak Anda ke bank darah tali pusar negeri Malaysia (Pusat Darah Negara).