DARAH TALI PUSAR YANG BISA MENYELAMATKAN NYAWA

Life Saving Cordblood

Apa saja hal-hal yang Anda nantikan saat Anda hamil? Kelahiran bayi kecil Anda yang sangat berharga, pelukan pertama, senyum pertamanya, pendidikan, liburan dan banyak lagi tonggak kehidupan yang akan datang. Hal terakhir atau mungkin hal yang paling tidak terlintas di benak Anda adalah bayi kecil Anda menderita sakit serius.

Beberapa dari kita akan mempertimbangkan fakta bahwa anak kita sebenarnya sangat rentan dan hadiah terbaik yang pernah bisa kita berikan adalah masa depan yang aman. Kini, melalui ilmu pengetahuan dan inovasi, kita dapat menyimpan darah tali pusar bayi kita untuk penggunaan di masa depan jika akan timbul kebutuhan itu.

Darah tali pusar berbeda dari darah biasa karena beberapa alasan. Darah tali pusar berbeda karena darah itu tidak menua; dan belum pernah terpapar ke lingkungan. Hal itu menimbulkan perbedaan karena sel di dalam tubuh memiliki jam biologis yang terus berdentang. Ketika kita mengumpulkan darah tali pusar, kita mengumpulkan sel-sel di tahap awal kehidupan, saat jam itu disetel ke tahap paling awal yang memungkinkan.

Sel induk darah tali pusar telah digunakan untuk mengobati hampir 80 penyakit(1) dengan lebih dari 25.000 transplantasi di seluruh dunia(2). Darah tali pusar saat ini digunakan untuk mengobati gangguan terkait darah, seperti leukimia, anemia sel sabit, talasemia dan beberapa gangguan sistem imun.

Perlindungan untuk keluarga

Saat Anda menyimpan darah tali pusar bayi Anda, dia akan memiliki sumber sel induk yang cocok (transplantasi autologus) dengan 50% kemungkinan kecocokan untuk orang tua dan 25% kemungkinan kecocokan untuk saudara kandungnya.

Sederhana, cepat dan tanpa rasa sakit

Pengumpulan sel induk darah tali pusar itu sederhana, cepat dan tanpa rasa sakit. Setelah bayi dilahirkan, dokter akan menjepit tali pusar dan memisahkannya dari bayi. Kemudian jarum akan dimasukkan ke dalam tali pusar sementara menunggu plasenta lepas dari ibu. Darah dari tali pusar akan mengalir ke dalam kantung pengumpulan dalam 5 menit, tanpa mengganggu atau merumitkan proses melahirkan.

Hanya ada satu kesempatan untuk mengumpulkan sel ini – dan itu adalah pada saat lahir. Simpan darah tali pusar bayi Anda hari ini untuk masa depan yang aman.

Referensi

  1. http://parentsguidecordblood.org
  2. Nina Singh and David L. Paterson. Aspergillus Infections in Transplant Recipients. Clin Microbiol Rev. 2005 January; 18(1): 44–69.